Islam Doktrin dan Peradaban, Nurcholish Madjid

Buku di hadapan Anda ini adalah kumpulan dari sebagian makalah Klub Kajian Agama (KKA) yang diselenggar akan oleh Yayasan Wakaf Paramadina, Jakarta. Klub itu sendiri berbentuk pertemuan diskusi besar dengan hadirin sekitar 200 orang, sekali sebulan. Dengan sistem keanggotaan ddan partisipasi tertentu serta tradisi pembahasan yang bersemangat pluralistik, terbuka dan tenggang rasa, KKA Paramadina telah berjalan relatif sangat lancar dan berkelanjutan, sejak permulaan diadakannya pada bulan Oktober 1986 sampai sekarang.

Diskusi dalam KKA Paramadina selalu didahului oleh penyajian dua makalah. Makalah kesatu dari seorang pembi cara ttamu, sebagai pembicara utama, yang diundang untuk membahas suatu topik tertentu. Makalah kedua dibuat oleh ―kalangan dalam‖ Paramadina, dengan maksud memelihara keruntutan jalan pikiran seri diskusi itu dari awal sampai akhir. Dengan begitu diharap akan terwujud kesatuan konsistensi ppandangan yyang hendak dikembangkan,
dengan topik-topik pembahasan yang dipilih dan ditetapkan sebagian rentetan usaha me-mahami kembali ajaran-ajaran Islam. Sejauh ini, saya menulis sebagian besar makalah kedua itu. Kecuali satu-dua makalah yang tidak berasal dari forum khusus Paramadina, buku ini adalah kumpulan dari sebagian makalah yang saya tulis tersebut.

Sesuai dengan tujuannya sebagai bahan diskusi, masing -masing makalah dibuat untuk menangani suatu masalah tertentu. Pendekatan topikal ini diperlukan untuk memper tajam pemusatan pembahasan, sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal. Tetapi masing-masing makalah itu sendiri, bahkan jumlah keseluruhan makalah dalam buku ini, harus dipandang sebagai bagian dari usaha memahami Islam yang lebih komprehensif, dan harus dipahami
dalam rangka kesatuan aajaran Aagama. Karena itu buku ini masih akan disusul dengan buku-buku lain, termasuk, dan terutama, buku buku yang akan merupakan kumpulan makalah-makalah selanjutnya dari ssaya ssendiri dan dari para penulis lain untuk berbagai kegiatan kajian ilmiah Paramadina, khususnya Klub Kajian Agama.

Syukur kepada Allah bahwa buku ini mendapat sambutan yang menggembirakan dari masyarakat. Maka diusulkan cetakan keempat ini, dengan banyak pembetulan, perbaikan dan perubahan. Semoga akan mendapatkan sambutan yang sama dengan cetakan sebelumnya.

Sebagai buku yang terbit dari kegiatan Yayasan Wakaf Paramadina, maka kami, selaku penulis, merasa berkewajiban
mengucapkan terimakasih dan menyatakan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua anggota dan pengurus Yayasan. Tanpa dukungan dan sikap penuh pengertian mereka yang tulus, buku ini semata-mata menjadi mustahil. Dukungan ddan pengertian para anggota dan pengurus Yayasan adalah modal pokok untuk pertumbuhan dan perkembangan kegiatan Yayasan, termasuk untuk penerbitan buku ini.

Klub Kajian Agama (KKA) Paramadina adalah ― “gua garna” berbagai produk Yayasan, termasuk buku ini. Maka sebuah penghargaan khusus kami tujukan kepada Sdr. Utomo Dananjaya yang menjadi pencetus pertama ide KKA itu.

Dan tentu tidak mungkin melewatkan nama beberapa teman yang secara langsung terlibat dalam penerbitan buku ini.  Kedatangan Dr. Komaruddin Hidayat dari Turki telah memperkuat tim kegiatan Yayasan dengan dinamika dan Krea tivitasnya. Sdr. Elza Peldi Taher adalah tenaga yang memungkinkan berbagai kegiatan Yayasan berlangsung dengan lancar, lestari dan terus berkembang. Sdr. Muslih Hidayat boleh dikata merupakan tulang punggung kegiatan sehari -hari perkantoran Yayasan, dengan ketekunan dan dedikasinya menyusun, menyimpan dan mendokumentasikan berbagai hasil KKA dan kegiatan Yayasan yang lain. Juga kepada yang lain-lain, yang datang atau berada di kantor Yayasan dan membantu kelancaran berbagai program kegiatannya.

Di samping itu, banyak tenaga yang lain dalam Yayasan atau afiliasinya yang langsung atau tidak langsung bersangkutan dengan usaha penerbitan buku ini. Sebagian besar, karena alasan praktis, tidak mungkin di sini disebutkan nnamanya satu persatu. Tapi sebagian lagi memang tidak bersedia nama mereka disebutkan, atau
lebih baik tidak disebutkan.

Kepada semua mereka itu, kami selaku penulis buku ini ingin menyampaikan hutang budi kami yang besar. Jua kepada Sdr.Siswanto Masruri, seorang mahasiswa S3 IAIN Pascasarjana Yogyakarta yang sedang mengadakan riset doktoralnya di Universitas McGill, Montreal. Ketekunannya membaca cetakan pertama dengan penuh minat, serta keteli tiannya ddalam melihat dan menemukan kesalahan dan kejanggalan, mmenghasilkan adanya koreksi dan perbaikan pada cetakan kedua ini. Terima kasih juga kepada Sdr. Ahmad Yahi Wahib yang telah tekun membuat indeks buku ini.

Kami juga ingin menyampaikan penghargaan kepada Percetakan Temprint, dan secara khususnya kepada Sdr. Amak Baldjun. Lebih lebih kami menghargai usaha pengetikan kembali naskah, karena rekaman disket kami sebelumnya ada dalam program pengolah kata yang tidak compatible dengan yang ada pada percetakan. Memang terjadi banyak kesalahan pengetikan kembali (selain ada yang berasal dari kesalahan naskah aslinya), namun yang telah dirampungkan oleh Temprint sungguh luar biasa.

Dan last but not least , kami tentu harus menghargai istri kami sendiri, Omi Komaria, yang banyak membantu dalam menciptakan suasana yang menopang kegiatan tulis -menulis. Apalagi, untuk kami, pekerjaan itu terasa mustahil tanpa suatu solitude tertentu dalam lingkungan rumah tangga. Maka semogalah buku ini membawa manfaat yang ditu ju, dan semoga menjadi amal kebajikan semua mereka yang terlibat dan berjasa, serta memperoleh ridla Allah s.w.t.

Montreal, 17 Ramadlan 1412 H/22 Maret 1992 M

Buku dapat dibaca dan diunduh melalui tautan, klik di sini

Tinggalkan komentar